Membuat nomor urut adalah hal yang seakan wajib dilakukan ketika membuat suatu data yang berbentuk tabel. Nomor urut selalu diletakkan pada kolom pertama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam membaca data tertentu. Semakin banyak data yang dimasukkan atau diketik, maka semakin banyak pula nomor urut yang ada.
Dalam menuliskan nomor urut ini bisa dilakukan secara manual yaitu dengan mengetik angka 1, 2, 3 dan seterusnya menggunakan tombol angka di keyboard. Selain secara manual anda bisa melakukannya secara otomatis. Cara penomoran otomatis ini akan mengurangi tingkat kesalahan dalam penulisan nomor urut.
Untuk membuat nomor secara otomatis di Ms Excel ini bisa dilakukan dalam dua cara :
Cara pertama adalah dengan cara blok dan drag.
seilahkan lihat cara di bawah,,,,,
- Ketikkan angka 1 pada sel A1 dan angka 2 pada sel A2
- Blok sel A1 dan A2
- Arahkan mouse pada pojok kanan bawah pada sel A2 sehingga pointer berubah menjadi tanda plus (+).
- Klik kiri dan tahan menggunakan mouse kemudian drag atau seret kebawah sampai pad baris yang diinginkan.
- Maka nomor urut akan tampil
Cara kedua adalah membuat nomor urut dengan rumus
- Ketikkan angka 1 pada sel A1
- Klik pada sel A2 kemudian ketikkan rumus “=A1+1” (tanpa tanda petik). Kemudian tekan enter. (A1 bisa dilakukan dengan mengetik langsung atau dengan cara menunjuk menggunakan mouse)
- Arahkan mouse pada pojok kanan bawah pada sel A2 sehingga pointer berubah menjadi tanda plus (+).
- Klik kiri dan tahan menggunakan mouse kemudian drag atau seret kebawah sampai pad baris yang diinginkan
- Nomor urut anda sudah muncul
Silahkan pilih salah satu cara diatas, atau bisa dicoba kedua-duanya.
semoga bermanfaat,,,,,,,,,,
Komentar
Posting Komentar