Langsung ke konten utama

Perkembangan Universal Serial Bus (USB)

Bus Beruntut Semesta (USB) (bahasa Inggris: Universal Serial Bus) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.
USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.
Sejarah versi Standard USB telah berevolusi kebeberapa versi:

Pre-rilis

    USB 0.7: dirilis November 1994.
    USB 0.8: dirilis December 1994.
    USB 0.9: dirilis April 1995.
    USB 0.99: dirilis August 1995.
    USB 1.0 Release Candidate: dirilis November 1995.

USB versi 1

USB versi 1 dirilis Januari 1996.

USB versi 2

USB versi 2.0 dirilis April 2000. Perbedaan paling mencolok dengan versi sebelumnya, yaitu versi 1.0 adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:
    Super speed data dengan frekuensi clock 4,800.00Mb/s
    High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.
    Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.
    Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.

USB versi 3

USB versi 3.0 dirilis November 2008. Beberapa perubahan telah diimplementasikan di USB 3.0 seiring dengan peningkatan penggunaan perangkat eksternal dan kebutuhan kecepatan lebih tinggi. Kecepatan transfer data USB 3.0 sekitar 3.2 Gbps (400 MB/s), dan secara teori dapat mencapat 4.8 Gbps. Kecepatan ini 6 sampai 10x lebih cepat dari maksimal kecepatan USB 2.0. USB 3.0 mengenalkan teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis data secara bersamaan (simultan). USB 2.0 dan sebelumnya belum mendukung teknologi bi-directional ini. Tegangan listrik diturunkan dari 4.4V menjadi 4V, kemudian arus juga ditingkatkan (menjadi 150mA), sehingga selain lebih hemat energi, sebuah port USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat. Power managemen lebih baik dibanding USB 2.0, sehingga mendukung idle, sleep dan suspend. Ujung USB 3.0 akan sama dengan USB 2.0 (standard), tetapi kabel didalamnya akan lebih banyak, ada tambahan 4 jalur kabel dibanding USB 2.0 (total ada 9 jalur kabel).

Protokol USB
Persinyalan USB

USB adalah host-centric bus di mana host/terminal induk memulai semua transaksi. Paket pertama/penanda (token) awal dihasilkan oleh host untuk menjelaskan apakah paket yang mengikutinya akan dibaca atau ditulis dan apa tujuan dari perangkat dan titik akhir. Paket berikutnya adalah data paket yang diikuti oleh handshaking packet yang melaporkan apakah data atau penanda sudah diterima dengan baik atau pun titik akhir gagal menerima data dengan baik.
Setiap proses transaksi pada USB terdiri atas:

    Paket token/sinyal penanda (Header yang menjelaskan data yang mengikutinya)
    Pilihan paket data (termasuk tingkat muatan) dan
    Status paket (untuk acknowledge/pemberitahuan hasil transaksi dan untuk koreksi kesalahan)
    Nomor kaki (dilihat pada soket):

Penetapan kaki Kaki     Fungsi

      1     VBUS (4.75–5.25 V)
      2     D−
      3     D+
      4     GND
      Shell     Shield

Paket data umum USB
Data di bus USB disalurkan dengan cara mendahulukan Least Significant Bit(LSB). Paket-paket USB terdiri dari data-data berikut ini:

    Sync
Semua paket harus diawali dengan data sync. Sync adalah data 8 bit untuk low dan full speed atau data 32 bit untuk high speed yang digunakan untuk mensinkronkan clock dari penerima dengan pemancar. Dua bit terakhir mengindikasikan dimana data PID dimulai.

    PID (Packet Identity/Identitas paket)
Adalah field untuk menandakan tipe dari paket yang sedang dikirim. Tabel dibawah ini menunjukkan nilai-nilai PID:

Group     Nilai PID     Identitas Paket
Token      0001     OUT Token
Token      1001     IN Token
Token      0101     SOF Token
Token      1101     SETUP Token
Data       0011     DATA0
Data       1011     DATA1
Data       0111     DATA2
Data       1111     MDATA
Handshake  0010     ACK Handshake
Handshake  1010     NAK Handshake
Handshake  1110     STALL Handshake
Handshake  0110     NYET (No Response Yet)
Special    1100     PREamble
Special    1100     ERR
Special    1000     Split
Special    0100     Ping                           

Ada 4 bit PID data, supaya yakin diterima dengan benar, 4 bit di komplementasikan dan diulang, menjadikan 8 bit data PID. Hasil dari pengaturan tersebut adalah sebagai berikut.

PID0     PID1     PID2     PID3     nPID0     nPID1     nPID2     nPID3

    ADDR (address)
Bagian alamat dari peralatan dimana paket digunakan. Dengan lebar 7 bit, 127 peralatan dapat disambungkan. Alamat 0 tidak sah, peralatan yang belum terdaftar harus merespon paket yang dikirim ke alamat 0.

    ENDP (End point)
Titik akhir dari field yang terdiri dari 4 bit, menjadikan 16 kemungkinan titik akhir. Low speed devices, hanya dapat mempunyai 2 tambahan end point pada puncak dari pipe default. (maksimal 4 endpoints)

    CRC
Cyclic Redundancy Check dijalankan pada data di dalam paket yang dikirim. Semua penanda (token) paket mempunyai sebuah 5 bit CRC ketika paket data mempunyai sebuah 16 bit CRC.

    EOP (End of packet)
Akhir dari paket yang disinyalkan dengan satu angka akhir 0 (Single Ended Zero/SEO) untuk kira-kira 2 kali bit diikuti oleh sebuah J 1 kali.
Data yang dikirim dalam bus USB adalah salah satu dari 4 bentuk, yaitu control, interrupt, bulk, atau isochronous.

Nah yang membedakan ke-3 USb tersebut adalah Kecapan transfer datanya,,,,,,,Segitu dari saya terima kasih.............

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Circuit Maker 5.0With Crack (Keygen)

Circuit Maker Ya Ini Adalah Sotware  Virtual Untuk Belajar Merangkai Rangkain Electronik Bagi KAlian Yang Ingin Belajar Electronika Di Dalam Software Ini terdapat Gerbang Gerbang Yang Di butuhkan Untuk Rangkaian Digital Yang Berfungsi Mendesain Rangkaian Digital electronika Yang Sedrhana Hingga yang Kompleks Sekalipun Karena Akan Membantu Sebelum Anada Langsung Memperaktekannya PAda Media Secara Langsung Bila terjadi Kesalahan Akan Sangat Fatal Sehingga Sotware Ini Bisa membantu Agar Anda Bisa Mencoba Membuat rangkaian PAda Software Ini Sebelum Di lakukan Ke Media Secara Langsung Untuk Meminimalisir Kegagalan Dan Fitur-Fitur Yang Ada PAda Circuit MAker Ini ANtara Lain : membuat rangkaian analog maupun digital. tersedia banyak macam komponen elektronika misal transistor, resistor, kapasitor, dll dengan banyak jenis dan varian. melakukan simulasi rangkaian yang telah dibuat untuk keperluan tes dan pengukuran. membuat layout PCB. menyertakan contoh-contoh rangkaian untuk dipelajari. m...

Download MiniLyrics Dan Cara Instalasi

Tampilkan lirik musik kesukaan Anda! Perangkat lunak plugin lirik untuk iTunes, Windows Media Player, Winamp, dll. Anda tidak perlu mengubah cara Anda menikmati musik. Dengan tampilan lirik bergulung, Anda bisa mengikuti nyanyian dan kata-kata penyanyi. Mencari dan mengunduh lirik secara otomatis. Basis data lirik sangat besar dan bertambah setiap hari. Unduh dan simpan lirik dalam berkas lagu, sehingga Anda bisa menampilkannya di iPod atau iPhone. Skin tembus pandang yang luar biasa. Lintas platform, mendukung Windows, Mac OS X, Android. Dukungan MiniLyrics   Tampilkan Lirik dengan iTunes MiniLyrics adalah perangkat lunak plugin lirik untuk iTunes, dan mendukung hampir seluruh pemutar yang populer. Lirik dapat diunduh dan ditampilkan secara otomatis. Simpan lirik ID3v2 yang tak tersinkronisasi dalam berkas lagu, sehingga Anda bisa menampilkannya di iTunes, iPod Touch. Jalankan MiniLyrics denga iTunes Ketika Anda menjalankan iTunes, MiniLyrics akan dijalankan secara otomatis. Mel...

Tutorial Mengatasi PES 2013 Has Stopped Working (Pada PC/Laptop)

Cara Mengatasi has stopped working Pada PES 2013 - Solusi tebaru mengatasi has stopped working Pada PES 2013. Apakah Kalian Mengalami Hal Semacam Ini Pada Saat memainkan PES 2013 DI PC/Laptop Anda?? Jika pernah disini saya akan share cara mengatasi hal PES 2013 Has Stooped Working. Pesan Error yang di tampilkan has stopped working Pada PES 2013 itu seperti gambar di bawah ini :  Pasti kalo nemuain yang kayak beginian kan bikin jengkel! tapi setelah saya mencoba cara yang saya dapet mdari temen yang Ahli dalam Dunia Software akhirnya saya bisa memainkan lagi game PES 2013 yang Crash. Berikut tutorialnya gan! : 1). Silahkan anda Install Patch PESEdit yang telah anda download. 2). Lalu buka folder kitserver13 yang ada di 'C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013'.  3). Setelah itu, ada file 'config' - klik kanan - pilih 'Run as Administrator'.  4). Lakukan Setting seperti gambar dibawah ini :  5). Setelah selesai - KLIK SAVE - lalu mucul konfirmasi - KLIK ...